[Adven bersama Aquinas] Kedatangan Kristus Membawa Penciptaan Baru

tabernacle-and-painting-01

St. Thomas Aquinas (Komentar terhadap Sepuluh Perintah Allah, Art. 5, “De tertio praecepto”):

Roh Kudus mengetahui bahwa di masa depan, beberapa orang akan berkata bahwa dunia memang selalu ada dengan sendirinya, tanpa ada yang menciptakan. “Pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya. Kata mereka: ‘Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan. Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air.” (2 Pet 3:3-5) Maka dari itu, Allah berkenan bahwa satu hari dipisahkan untuk mengenang fakta bahwa Ia menciptakan segala sesuatunya dalam enam hari, dan bahwa pada hari ketujuh Ia beristirahat dari penciptaan makhluk ciptaan baru. Inilah mengapa Tuhan menuliskan perintah ini dalam Sepuluh Perintah-Nya: Kuduskanlah hari Sabat.

Bangsa Yahudi menguduskan hari Sabat untuk mengenang peristiwa penciptaan yang pertama. Tetapi Kristus, saat kedatangan-Nya, mengadakan sebuah penciptaan yang baru. Sebab oleh penciptaan yang pertama, manusia fana diciptakan, dan oleh penciptaan yang kedua, manusia yang ilahi tercipta… Penciptaan yang baru ini adalah melalui rahmat. …

*

Praevidit enim spiritus sanctus quod futuri erant aliqui dicturi mundum semper fuisse. II Petr. III, 3-5: venient in novissimis diebus in deceptione illusores iuxta proprias concupiscentias ambulantes, dicentes: ubi est promissio aut adventus eius? Ex quo enim patres dormierunt, omnia sic perseverant ab initio creaturae. Latet enim eos hoc volentes quod caeli erant prius et terra de aqua, et per aquam consistens Dei verbo. Voluit ergo Deus ut custodiretur unus dies in memoriam quod Deus omnia creaverat in sex diebus, et in septimo quievit a novis creaturis condendis. Et hanc rationem ponit dominus in lege, dicens: memento ut diem sabbati sanctifices.

Sed Iudaei in memoriam primae creationis colebant sabbatum; Christus autem veniens fecit novam creationem. Per primam enim homo terrenus, per secundam homo caelestis effectus est. …Et haec nova creatura est per gratiam. …

Beginilah firman Tuhan…
“Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu,
dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala!
Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru,
yang sekarang sudah tumbuh,
belumkah kamu mengetahuinya?
Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun
dan sungai-sungai di padang belantara.
Umat yang telah Kubentuk bagi-Ku
akan memberitakan kemasyhuran-Ku.
Sungguh, engkau tidak memanggil Aku, hai Yakub,
dan enkau tidak bersusah-susah karena aku, hai Israel.
Tetapi engkau memberati Aku dengan dosamu,
engkau menyusahi Aku dengan kesalahanmu.
Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu
ole karena Aku sendiri,
dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

(Yesaya 43:16, 18-19, 21-22, 24b-25)

Doa

Ya Tuhan, kami merindukan Sang Juruselamat. Dalam kelahiran-Mu kami menaruh harapan agar kami dijadikan baru, dari makhluk yang fana menjadi putra dan putri surgawi. Kini aku melihat, aku dimaksudkan untuk menjadi siapa: yaitu, pembawa maklumat puji-pujian kepada Allah. Aku ditugaskan untuk memisahkan satu hari dalam setiap minggu untuk menghormati sosok manusia baru itu. Berilah aku keteguhan dan keberanian untuk tetap sadar akan kebenaran ini, serta untuk hidup dan berlaku sesuai dengan pengetahuan suci itu, dalam setiap usaha, setiap peristiwa, dan setiap perjumpaan pada enam hari lainnya. Maka, pengharapanku yang terkandung dalam kedatangan Kristus, akan terkandung pula dalam hari-hari lainnya, dan seluruh hidupku akan menjadi Sabat yang hidup dalam ingatan akan Kristus. Amin.

Leave a Reply

