Ucapan Natal dari Fra Angelico, O.P. (1387-1455)

Fra Angelico - Nativity
Nativity Scene by Bl. John of Fiesole, O.P. (Fra Angelico)

Salam dariku. Aku adalah sahabatmu, dan kasihku padamu amat mendalam.

Tidak ada yang dapat kuberikan yang belum kamu miliki, tetapi banyak sekali yang, walau aku tidak dapat memberikannya, namun kamu dapat menerimanya.

Surga takkan pernah datang kepada kita kecuali hati kita menemukan peristirahatannya pada hari ini.

Terimalah surga itu.

Tidak ada damai di masa depan yang tidak tersembunyi dalam momen kecil yang berharga ini.

Terimalah damai itu.

Kemuraman dunia ini tidak lain hanyalah bayang-bayang. Di baliknya, masih dalam jangkauan kita, adalah sukacita. Masih ada terang dan keberanian dalam kegelapan ini, dan untuk melihatnya, kita hanya perlu mencarinya.

Hidup itu murah hati, tetapi kita sering menilai karunia-karunianya melalui bungkusnya, dan kita membuangnya apabila karunia itu tampak jelek, berat, atau sulit. Tetapi singkirkan pembungkusnya, dan kamu akan menemukan kecemerlangan yang hidup, yang ditenun dari kasih, kebijaksanaan, dan kekuatan. Sambutlah ia, sapalah, dan kamu akan menyentuh tangan sang malaikat yang membawanya kepadamu.

Segala hal yang kita sebut pencobaan, dukacita, dan tanggung jawab, percayalah, tangan malaikat ada di sana, karunia itu ada di sana, juga keajaiban Kehadiran Ilahi yang mengatasi semua.

Bahkan, janganlah kita berpuas diri dengan sukacita kita. Sukacita itu pun menyembunyikan karunia-karunia yang lebih luhur lagi.

Hidup itu penuh makna dan tujuan, penuh keindahan di balik pembungkusnya. Kamu akan melihat bagaimana bumi sesungguhnya menyembunyikan surgamu.

Maka, beranilah untuk menyambut itu semua! Beranilah, dan ketahuilah bahwa kita adalah peziarah yang sedang dalam perjalanan pulang, mengarungi negeri asing menuju rumah kita.

Karena itu, pada masa Natal ini, aku menyapamu, bukan seperti dunia ini menyapa, tetapi dengan hormat mendalam sekarang dan selama-lamanya.

Fajar merebak dan kegelapan bayang-bayang pun enyah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s