Simbol dan Logo Ordo Dominikan

DEFINISI

Simbol = Lambang :

1, Sesuatu seperti tanda yang menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu maksud tertentu.
2. Tanda pengenal yang tetap (menyatakan sifat, keadaan, dsb).

Moto :
Kalimat, frase, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman atau prinsip seperti “berani karena benar”.

Logo :
Huruf atau lambang yang mengandung suatu makna, terdiri atas suatu kata atau lebih sebagai lambang atau nama perusahaan dsb.

SIMBOL PADA LOGO

Dominican Logo

Santo Dominikus adalah anak dari seorang bangsawan yang sekaligus juga seorang ksatria, yaitu Don Felix de Guzman. Oleh sebab itu, lencana (lambang tameng) Ordo Dominikan memiliki sejarah yang berhubungan dengan militer. Lencana merupakan suatu tanda yang membedakan atau mencirikan identitas suatu kelompok. Maka tidaklah mengherankan jika para Dominikan memakai suatu tanda khusus yang menunjukkan bahwa mereka merupakan anggota dari Ordo yang didirikan oleh Santo Dominikus.

Shield_bagi8

Sebuah perisai yang dibagi menjadi 8 bagian (gyrons), yang semuanya bertemu di satu pusat atau titik. Bagian-bagian itu disusun dari dua garis yang membagi perisai baik secara horisontal (pinggir) maupun vertikal (atas bawah). Perisai Dominikan berwarna hitam dan putih sesuai dengan warna yang dipakai oleh keluarga ayah dari Santo Dominikus (Guzman).

dominican_cross_by_dcjbeers-d8qy4mb

Di tengah tameng terdapat gambar salib yang bernama “croix-fleur-de-lysee”. Salib berbentuk bunga ini mewakili bunga Lily yang melambangkan “kemurnian” dan bentuk ini juga mempunyai arti “pengorbanan yang berbunga kebahagiaan”. Beata Juana de Aza, ibu Santo Dominikus yang berasal dari keluarga Ksatria dari Calatrava, mengenakan salib yang serupa dengan salib ini, sehingga salib ditambahkan ke dalam perisai keluarga Guzman.

Shield_of_Domincan_Order.svg

Perisai dengan bentuk ini menegaskan bahwa Ordo Dominikan didirikan untuk mempertahankan iman. Inilah senjata yang digunakan untuk mempertahankan kebenaran ajaran Kristus.

Bintang

Di atas perisai terdapat sebuah bintang yang memiliki 8 ujung yang melambangkan “kompas” yang menunjuk ke berbagai penjuru dunia dan sebagai “cahaya”. Lambang ini juga mengingatkan pada sebuah kisah dimana ketika Santo Dominikus dibaptis, tampak sebuah bintang bercahaya di dahinya.

LBP

Di sekitar perisai juga terdapat kata : Laudare, Benedicere, Praedicare, yang artinya memuji, memberkati, mewartakan. Ini adalah salah satu dari moto Ordo Dominikan.

Selain simbol/logo tersebut di atas, pada abad ke-15 diperkenalkan simbol/logo yang lebih sederhana dimana warna hitam yang menutupi bagian putih melambangkan mantel hitam yang dikenakan di atas jubah putih.

2000px-Shield_of_Dominican_Order_(simple).svg

MOTO

Moto merupakan suatu bentuk ungkapan yang sesuai dengan gambaran atau inti spiritualitas dari suatu kelompok. Tiga moto Ordo Dominikan di bawah ini mengungkapkan penekanan utama dari aturan hidup di dalam Ordo :

LAUDARE, BENEDICARE, PRAEDICARE yang artinya Memuji, Memberkati, Mewartakan. Merupakan bagian dari simbol Ordo Dominikan.

VERITAS yang artinya Kebenaran. Tugas seorang Dominikan adalah mempelajari dan menyelami Kebenaran Kristus dan untuk mewartakan Injil Kristus.

CONTEMPLARI ET CONTEMPLATA ALIIS TRADERE artinya Berkontemplasi dan membagikan buah-buah kontemplasi tersebut kepada sesama.

Ketiga moto Ordo ini mengungkapkan tugas penting seorang Dominikan – mengenali kebenaran yang telah ditanamkan oleh Kristus kepada kita dan untuk memperkenalkan kebenaran ini kepada mereka yang perlu mendengarkannya ketika kesempatan itu tiba. Ordo didirikan pertama-tama untuk mempertahankan Gereja dan untuk memerangi bidaah/ajaran sesat yang ada di dalamnya. Ketika kita memperhatikan dunia kita sekarang ini, kita dapat melihat bahwa ajaran sesat dan kuasa jahat terdapat dalam berbagai bentuk yang bervariasi, lebih daripada saat abad ke-13. Sebagai Dominikan Awam, kita harus berdoa dan mencari jalan untuk meneruskan pekerjaan yang telah dimulai oleh Santo Dominikus.

Jika kita menggunakan lambang Dominikan, maka kita harus bekerja dengan semangat untuk menyelamatkan banyak jiwa.

SIMBOL PADA GAMBAR

SaintDominic_web

Gambar Santo Dominikus juga mengandung simbol-simbol sebagai berikut :

BINTANG DI ATAS KEPALA / DAHI
Bintang di atas kepala Santo Dominikus (yang juga terdapat di dalam logo) melambangkan cahaya dan juga mengingatkan pada sebuah kisah dimana ketika Santo Dominikus dibaptis, tampak sebuah bintang bercahaya di dahinya.

TONGKAT DAN BUKU
Mengingatkan atas penampakan Santo Petrus dan Santo Paulus kepada Santo Dominikus dimana Santo Petrus dan Santo Paulus memberikan tongkat dan buku kepada Santo Dominikus untuk mewartakan Kabar Baik ke seluruh dunia.

BUNGA LILY
Melambangkan kemurnian hidup.

ROSARIO
Mengingatkan pada Bunda Maria yang memberikan Rosario kepada Santo Dominikus.

MANTEL DAN JUBAH BERWARNA HITAM DAN PUTIH
Warna putih melambangkan “Sukacita dan Kesucian Kristus” dan warna hitam melambangkan “Kerendahan hati dan penebusan dosa sebagai hamba Tuhan”. Warna ini juga melambangkan kebenaran yang mengatasi kesesatan.

ANJING YANG MEMBAWA OBOR
Anjing melambangkan kesetiaan dan iman dan Obor melambangkan Cahaya/Terang Kristus. Mengingatkan pada mimpi Ibu dari Santo Dominikus pada saat hamil, yang bermimpi bahwa ia akan melahirkan seekor anjing yang membawa obor yang berlari membakar dunia. Mimpi itu menggambarkan bahwa puteranya akan lahir sebagai pembaharu dunia dengan cara berkeliling dan berkotbah mewartakan terang Kristus. Peristiwa ini juga yang menjadi sebutan bagi Santo Dominikus yang dalam bahasa Latin : “Domini Canis” yang artinya dalam bahasa Inggris : “Hound of The Lord” atau dalam bahasa Indonesia : “Anjing milik Tuhan”. Juga sebutan “Dominicanus” bagi pengikut Santo Dominikus.

Saint_Dominic_(Detail_from_The_Mocking_of_Christ)

DUA JARI SANTO DOMINIKUS

Di dalam lukisan tampak Santo Dominikus sedang berkontemplasi dengan mengangkat 2 jari yang melambangkan “kemanusiaan dan ke-Tuhanan Kristus”.

Referensi :
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen P&K, Balai Pustaka
Buku Dominikan, Lahir dari Keheningan Berbuah Dalam Pewartaan, St.Dominic Publishing
Bahan Postulan Chapter St. Katarina Siena
www.op.org.au/laitymanual
www.whydominican.net/candidacy_handout
Domini Canes by Pierre Mandonette, OP
www.opne.org/traditions_&_symbols.htm
www.seiyaku.com/customs/crosses/dominican.html
imaginemdei.blogspot.co.id/2012/04/meditation-on-passion-mocking-of-christ.html
Advertisements

One thought on “Simbol dan Logo Ordo Dominikan

  1. Johanes Pramono

    Terimakasih atas informasi yang diberikan sehingga menambah pengetahuan saya tentang St Dominikus serta symbol dan logo Dominikan

    Johanes Pramono

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s